Sabtu, 30 Mei 2015

Tulisan Tabloid Galuh Rakat : Baru Mekar Berkarya Dengan Kursus Ternak Swadaya

Desa Labunganak kecamatan Batang Alai Utara patut berbangga, Kelompok Tani Baru Mekar yang tergabung dalam Gapoktan Pancar Usaha, telah mampu berkarya melakukan Kursus Ternak secara Swadaya. Melalui musyawarah kelompok yang difasilitasi oleh Penyuluh Pertanian setempat,  Baru Mekar menyusun rencana kursus ternak Ayam Arab. Kegiatan yang bertempat di rumah dan pekarangan ketua kelompok ini, bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap petani dalam usaha agribisnis budidaya Ayam Arab.  Kursus tersebut dilaksanakan setiap hari Kamis sejak bulan november 2013 sampai dengan bulan Januari 2014. Bertindak sebagai fasilitator kursus adalah PP. WKP Desa Labunganak yang memandu dinamika kelompok dan Ibu Arbainah, S.Pt selaku Penyuluh Pertanian Supervisor BPK Ilung sekaligus pelaku usaha budidaya Ayam Arab, sedangkan peserta kursus adalah pengurus dan anggota Baru Mekar yang berjumlah 11 orang.


Keinginan kuat untuk maju mendorong pengurus dan anggota Baru Mekar membiayai sendiri seluruh biaya kursus, mulai dari biaya pertemuan penyusunan perencanaan, biaya pelaksanaan kegiatan teori dan praktek, honor fasilitator, pembelian bibit ayam Arab, pembuatan kandang, pembelian pakan, vitamin dan vaksin hingga biaya evaluasi kegiatan tersebut.  Sedangkan biaya pemeliharaan Ayam Arab ditanggung oleh Bapak Abdul Hadi selaku ketua Baru Mekar.

Untuk bahan kursus dibeli Ayam Arab sebanyak 100 ekor dengan harga Rp. 7.000 perekor dan untuk menampung ayam tersebut dibangun kandang berukuran 4 x 5 M dengan biaya sekitar Rp. 500.000,-. Peserta kursus diajari tentang cara perlakuan terhadap DOC (bibit ayam) mulai dari penyiapan kandang, penentuan jenis dan dosis pakan, cara pemberian pakan, hingga cara pemberian vaksin. Materi tentang cara mengenali jenis kelamin ayam, cara mengetahui dan cara mengendalikan penyakit dan hama yang menyerang ayam Arab juga diajarkan. Selain itu fasilitator juga menyampaikan tentang pembuatan kandang Ayam Arab siap telur, panen Ayam Arab afkir, hingga informasi pemasaran telur dan daging ayam Arab.  Adanya jaringan pemasaran Ayam Arab yang telah diikuti oleh Ibu Arbainah memudahkan dalam pemberian informasi tentang harga dan spesifikasi telur serta daging Ayam yang diperlukan pasar.

Sebagai tindak lanjut dari kursus tersebut ketua Baru Mekar telah membeli 500 ekor Ayam Arab dan telah membangun kandang dengan ukuran sekitar 8 x 12 M untuk mengembangkan usaha ternak Ayam Arab.  Selain itu juga, melalui musyawarah kelompok disepakati bahwa Ayam Arab hasil kursus dijual keanggota untuk dikembangkan dengan ilmu yang diperoleh dari kursus.  Disepakati pula bahwa sebagian hasil pengusahaan Ayam Arab akan digunakan untuk menambah Kas Kelompok.  Di saat banyak unggas di sekitar lokasi Baru Mekar mati terserang berbagai penyakit akibat perubahan cuaca, Alhamdulillah Ayam Arab milik anggota Baru Mekar justru terhindar dari penyakit dan terlihat sehat.


Semoga kursus ternak swadaya ini dapat dicontoh oleh kelompok tani yang lain, sehingga memunculkan minat dan kemampuan petani untuk menjadikan usaha ternak Agribisnis Ayam Arab sebagai alternatif sumber pendapatan pokok maupun tambahan bagi petani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar